Untuk mengetahui kemampuan setiap Pegawai Negeri Sipil yang akan naik pangkat/golongan yang lebih tinggi, tahun ini Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (BOSDM) LIPI kembali menggelar Ujian Dinas Tingkat I yang diselenggarakan selama 2 hari, tanggal 26-27 Agustus 2015. Bertempat di Ruang Rapat Lantai 8 Gedung Sasana Widya Sarwono LIPI, Jakarta, Ujian Dinas Tingkat I ini diikuti oleh 40 orang peserta dari berbagai satuan kerja di lingkungan LIPI.

"Sebenarnya yang sudah lulus persyaratan administrasi ada 43 orang, tapi 3 orang tidak bisa hadir, diantaranya dari Kebun Raya Eka Karya Bali," tutur Nining Setyowati Dwi Andayani, SE.,MM, Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Photo Credit : Rahma Lina

“Sebenarnya yang sudah lulus persyaratan administrasi ada 43 orang, tapi 3 orang tidak bisa hadir, diantaranya dari Kebun Raya Eka Karya Bali,” tutur Nining Setyowati Dwi Andayani, SE.,MM, Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Materi yang diujikan pada Ujian Dinas Tingkat I 2015 adalah Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia, RPJM/RPJP dan Rencana Strategi LIPI, Peraturan Perundangan Bidang Kepegawaian, KORPRI dan Reformasi Birokrasi, Pengetahuan Perkantoran, Tugas Pokok, Fungsi dan SOTK LIPI, dan Pengetahuan Bidang Substantif Unit Kerja. Masing-masing materi berisikan 25 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan selama 40 menit.

“Peserta harus lulus materi Pancasila dan UUD 1945 dengan nilai minimal 70, sedangkan untuk materi lainnya, nilai minimal adalah 55,” tambah Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Penyelanggaran Ujian Dinas mengacu kepada PP Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan atas PP Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil yang menyebutkan bahwa “Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d, untuk dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi, disamping harus memenuhi syarat yang ditentukan harus pula ujian dinas, kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Pemerintah ini atau ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

 

 

Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>