Setelah sukses di Bandung dan Jakarta, Bagian Organisasi BOSDM LIPI kembali menyelenggarakan Sosialisasi Evaluasi Jabatan di Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (SMTP), Serpong, pada Rabu, 19 Oktober 2016. Dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi BOSDM LIPI, Budi Raharjo, SH, kegiatan ini mengundang staf kepegawaian di wilayah kampus LIPI Serpong serta Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji SDM Aparatur, Diah Faras, S.E, MAP sebagai narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Evaluasi Jabatan menjadi hal yang sangat penting apalagi LIPI sudah mengalami beberapa perubahan struktur organisasi, tahun ini saja sudah ada dua UPT baru, sehingga jabatan-jabatan yang ada di dalamnya harus disesuaikan kembali”, ujar Budi Raharjo.

Pengarahan dari Kemenpan

Pengarahan dari Kemenpan

Mengenai Evaluasi Jabatan sendiri sebenarnya telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 tahun 2011 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 39 tahun 2013 tentang Penataan Kelas Jabatan di Lingkungan Instansi Pemerintah. “Tidak perlu lagi membobot jabatan karena sudah ada guidance, instansi hanya perlu menyesuaikan dengan kondisi rilnya”, Diah Faras menambahkan.

Sementara itu, selama ini Kemenpan seringkali menemukan kesalahan-kesalahan dalam penetapan kelas jabatan. Seperti yang diungkapkan Diah Faras, “Yang pernah disusun tidak sesuai dengan Permenpan 34. Setiap unit harus menyertakan peta jabatan, tidak hanya struktural, tapi juga fungsional umum dan tertentu. Informasi faktor jabatan setiap fungsional juga harus dicantumkan.”

Berbeda dengan dua kota sebelumnya, sosialisasi kali ini lebih menekankan diskusi dan praktikal dengan harapan peserta bisa lebih memahami substansi agar dapat segera merampungkan evaluasi jabatan di satuan kerja masing-masing. Mengingat tahapan yang banyak mulai dari penyusunan, pra validasi hingga penerbitan SK kelas jabatan per orang, setiap satuan kerja harus melakukan percepatan agar target bersama dapat terpenuhi.

“Prosesnya memang panjang, harapan saya tahun 2017 LIPI sudah bisa menggunakan kelas jabatan yang baru”, ujar Budi Rahardjo kembali. (pp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Creampie